Pages - Menu

Jumat, 15 Mei 2015

Hal yg harus diperhatikan sebelum "Instalasi" landak mini di rumah

"Instalasi" landak mini di rumah? weleh kalimatnya terlalu eksterim.. maksud saya adalah Hal yg harus diperhatikan sebelum membeli landak mini dan membawanya ke rumah. perlu diperhatikan bahwa Anda harus cermat dan teliti sebelum membeli seekor landak mini di suatu tempat. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi atau meminimalisir kerugian yg dapat Anda alami.
Contohnya saja anda membeli 1 pasang landak, tanpa pengetahuan khusus dan karena asal nunjuk landak yg Anda suka, tanpa diketahui bisa-bisa Anda membeli 2 landak Jantan. Kalau kita jadi mereka (landak mini) pasti rasanya awkward banget ('-')a

Kembali ke jalan yg bundar. Layaknya naik tangga yg harus dari melewati setiap anak tangga. Dalam memelihara landak pun demikian Anda diharuskan untuk mengetahuinya dari dasar, mulai dari mengetahui pola makannya, tempat tinggalnya, sifat-sifatnya, rukun dan hukumnya (?) -_-"

Tips Membeli Landak

  • Pahami betul tempat Anda membeli
Belilah pada breeder yg cukup Anda kenal dan mudah diajak berkomunikasi. Sehingga Anda dapat menanyakan segala hal yg berkaitan dengan landak yg akan Anda beli tanpa takut breedernya marah. ('-')
  • Perbanyak Informasi tentang landak mini
Seperti yg saya ungkapkan diatas, bahwa kita perlu mempelajari tentang kehidupan dan tingkah laku dari landak mini. Karena landak mini juga mahluk hidup, jadi jangan pernah dianggap remeh ataupun dilalaikan. Perhatikan hal-hal sedetail mungkin. Karena salah sedikit, urusannya dengan Tuhan lho.. :0
  • Harga murah tidak menjamin
Jangan sekali-kali membandingkan toko satu dengan yg lain hanya dengan berdasarkan harga yg ditawarkan. Jika kalian menganggap bahwa "Kalau ada yg murah, kenapa harus mahal?" You're Wrong! Totally Wrong! Tapi, jangan pula menganggap bahwa "Harga mencerminkan kualitas" bisa-bisa Anda membeli landak mini harganya 2jt sepasang. (-_-)
  • Pastikan landak yg Anda beli dalam keadaan optimal
Dalam keadaan optimal maksud saya adalah landak tersebut dalam keadaan sehat secara fisik dan mentalnya. Benar-benar perhatikan tingkah laku landak yg Anda pilih dan jangan sungkan untuk bertanya kepada breeder yg menjual landak mini tersebut.
  • Jangan satukan landak jantan dengan betina dalam satu kandang
Pada dasarnya, sifat landak mini adalah hewan yg solitaire (Menyendiri) bahkan mereka tidak menyukai sekandang dengan "mahluk" lain. :0 Namun hal tersebut bisa berlawanan ketika musim kawin (berumur 5 bulan). Jadi ketika anakan landak mini berumur 3 bulan sudah harus dipisah dikandang yg berbeda, untuk meminimalisir terjadinya Kehamilan Dini. Ciyusan lho, karena hal tersebut dapat menyebabkan Calon Induk Betinanya mengalami kematian. Apalagi kalau jantan ketemu jantan, bisa-bisa jadi Crows Zero.

Cara memilih Landak yg Sehat dan berkualitas 


Mata terkondisi baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan serta tidak memiliki semacam lapisan putih pucat di bagian tengah (seperti ini sering disebut dengan katarak)

Hidung bersih dan lembab (layaknya hidung sapi) dan tidak meler atau tidak kering kusam

Moncong bersih, tidak ada bintik-bintik putih yang berkeliaran di area moncong (ini petunjuk awal apakah landak tersebut berkutu/tidak, disamping juga perlu mengecek kulit di bagian pangkal bawah duri)

Telinga pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya, tidak ada cairan hijau yang keluar/meler dari bagian lubang telinga.  Seringkali terdapat  kejadian telinga dikunyah oleh anak/temannya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu anda khawatirkan.

Duri, tidak mengalami kebotakan/rontok akibat penyakit/kutu/jamur/kelembapan kandang yang terlalu basah dalam intensitas waktu lama

Kulit, sebaiknya lentur dan halus tidak berkerak karna bisa jadi landak tersebut kutuan bahkan jamuran

Bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut, tidak ada kotoran yg menempel ataupun kerak

Poop padat, tidak diare/cair kehijauan

Kaki tidak ada yang cacat/patah/lumpuh, jari – jari semua utuh dan antar batang jari benar-benar terpisah (tidak menempel / “ganjet”)

Alat kelamin, harus kering tidak terdapat luka, tidak terlihat merah2 bekas darah dan tidak membengkak

Badan padat sehat (bukan lemak, bukan obesitas), asalkan ketika dia diletakkan diatas meja badannya bisa berjalan tegak it’s fine!, tapi apabila berjalannya terhuyung-huyung, atau kesulitan tegak segera cari pilihan landak mini lain.

Berat landak: 250-700gram, Landak yg dipilih harusnya memiliki berat yg ideal alias tidak kegemukan atau obesitas karna akan menyebabkan berbagai penyakit dalam yg berbahaya tetapi juga tidak boleh kurus dan terlihat cekung badanya karna bisa jadi itu menunjukan landak mempunyai suatu penyakit

Aktif dan lincah, suka langsung mengendus si  obyek  pemegang (tidak menggulung terlalu lama atau bahkan menegakkan durinya sambil meng-klik)

Temperamen, Sebenarnya semua landak mini bs menjadi sangat jinak tergantung dari pembiasaan kita tetapi ada beberapa landak mini yg memang mempunyai sifat galak sejak lahir dan sulit dijinakkan.

  • Ketika memilih amatilah landak mini yang akan anda beli apakah dia mendesis, melompat atau meng klik. Mendesis itu wajar karna dia masih takut dengan kita sedangkan meng klik berati dia mengancam anda sebaiknya kalo seperti itu pilih landak yang lain saja, terutama apabila yang anda cari adalah landak mini betina (dikhawatirkan sifat yang terlalu agresif akan berakibat kurang baik terhadap anda secara langsung yang membutuhkan binatang kesayangan yang bisa dipegang/dielus-elus, juga pada kualitas anakannya yang sering mengarah pada ketidakbisaan sang indukan dalam merawat si anak akibat terlalu mudah stres atau kaget bila kita dekati saat memberi makan atau mengganti serutan kayu yang kotor). 
  • Hal wajar bila landak yg takut tiba-tiba membola akan tetapi itu hanya beberapa detik saja dan jika landak membola terlalu lama alihkan saja pilihan kepada landak yang lain.
Sekian Info dari saya, semoga bermanfaat bagi Anda yg akan memilih pasangan (?) landak maksudnya :p Nantikan artikel-artikel selanjutnya yg pasti seru dan informatif! :D
Jya na!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.