Pages - Menu

Sabtu, 09 Mei 2015

Fun facts!

Kawaii ne :3
Pecinta Landak Mini! Mana teriakannya..!! Hiyaa! (Bloggernya Stress -_-)
Landak Mini, hewan yang kawaiidesu ini memiliki fakta-fakta menarik lho kewan-kewan.. eh kawan-kawan..
ini beberapa fakta menarik yang saya ambil :

Landak mini dapat hidup sampai 9 tahun gays. tapi, rata-rata mereka hanya dapat bertahan sampai 3.5 tahun. Ini tergantung pada jumlah nutrisi yang dikonsumsi oleh landak.

Ternyata duri landak yang tajam ini nggak bener2 solid. Karena terdapat rongga udara di dalam duri landak mini.
Berbeda dengan landak pada umumnya, duri landak mini nggak mudah lepas dari tubuhnya. Katanya sih, kalau mudah terlepas, artinya landak mini sedang mengalami stress berat.

Landak mini terlahir dengan kondisi buta. Setelah dua minggu, barulah penglihatan mereka meningkat secara berkala.
Meskipun pengelihatannya membaik dari usia dua minggu, penglihatan landak tetap saja tergolong buruk. Namun, indera pendengaran dan penciuman landak mini sangat baik, bray.. calon ninja nih. ckckck..

Landak mini adalah insectivore artinya hewan ini suka makan serangga. Serangga seperti kaki seribu dan lebah adalah makanan favoritnya. Meskipun begitu, Hedgehogs juga mengkonsumsi buah-buahan.

Landak mini ternyata bisa berenang, memanjat dan berlari dengan kecepatan 4.5 Mph gays! boleh juga diajak tanding lari nih.. Mungkin beberapa tahun kedepan, akan ada lomba kejuaraan Triathlon Landak Mini ya? :D

Jika kita sering melihat titik-titik merah muda kecil di tangan kita setelah memegang landak mini, bukan berarti kita menderita alergi, tapi karena banyak nya tusukan kecil dari duri landak yang menembus bagian2 lapisan dari kulit kita ( bagian2 tertentu nya). Cuci tangan sebelum dan setelah memegang landak untuk mencegah infeksi. Benar kalo hedgehog tidak meyebabkan alergi/ infeksi (tapi tidak mustahil) karena landak juga menghasil kan penyakit2 tertentu seperti ketombe.
Berbeda dengan duri dari landak jawa (porcupine) , duri dari landak mini tidak dapat dengan mudah dilepas / copot dari badan nya. Hanya landak yg stress dengan tingkatan ekstrim atau sakit dapat membuat duri landak lepas/rontok ( so kalo duri landak rontok dalam keadaan tidak normal ampe botak, skrang dpt kita ketahui ne penyebab nya) , kecuali untuk landak muda yang akan melepaskan duri bayi mereka dan menggantinya dengan duri dewasa dalam proses yang dikenal sebagai quilling. 

Landak memiliki pandangan mata yang buruk , tetapi menikmati pendengaran tajam dan rasa penciuman yang kuat. ( maka nya semangkin sering kita berinteraksi ama landak kita, semangkin juga dia kenal ama tuan nya :D.. alias makin ga galak ) 

landak mini adalah hewan yang sangat teritorial, sehingga kita tidak perlu menempatkan dua bersama-sama dalam kandang. Kemungkinan mereka berteman sangat kecil dan mereka mungkin akan berantem. 

landak mini tidak dapat mencerna roti dan susu, Landak lebih suka serangga kecil, ulat , cat food, telur rebus, dsb. Mereka membutuhkan banyak air, juga, jadi pastikan jangan sampai botol minum nya kosong. 

Antara Desember dan April, landak liar akan melalui periode waktu yang singkat hibernasi ( di alam liar nya ). Jika di biar kan, hal itu bisa berakibat fatal. Untuk mencegah landak nya berhibernasi pastikan kandangnya dalam keadaan hangat. Maka nya kita sering memiliki masalah pada landak apabila cuaca yg sering tidak menentu, terlebih pada saat musim hujan. Jadi jangan smp landak nya kedinginan ya.. 

Di alam liar, landak dapat melakukan perjalanan 1 - 2 kilometer mencari makanan. Mereka lebih memilih untuk tinggal di dekat sumber makanan, dan daerah dengan banyak daun-daun kering yang sangat menarik bagi mereka, karena mereka dapat menggali ke dalam gundukan daun untuk berlindung. Dari pernyataan di atas dapat kita ketahui, gmana kalo landak dalam kontener ya? Yg isi na, tidur, bangun mam, pup n punya anak semua kebutuhan mereka uda tersedia semua di depan mata ( ibarat manusia yg kerja nya makan tdr tanpa olah raga, n makanan nya berlemak semua). Apa ga bikin obesoitas tuh?? , apa lagi di dunia luar dia beraktifitas segitu banyak, bahkan untuk makan aja mereka harus nyari n jalan 1-2 km. jadi secara logika aja..


Wow binggo fakta-faktanya ya? Bener-bener diluar dunggaan.. (Bloggernya mabok nih -_-)a)
Tunggu postingan berikutnya sorbat! Jya na!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.